Kamis, 26 Januari 2017

MENGAPA MENGULANG SHANTI MANTRAM TIGA KALI ?





“Shanti” yang pertama diartikan sebagai “Semoga kita menikmati kedamaian untuk badan jasmani.” Ini artinya, semoga badan fisik kita tidak menjadi panas yang disebabkan oleh perasaan cemburu, benci, kemelekatan dan sejenisnya. Apapun juga jenis berita yang kau terima dalam setiap kejadian, engkau harus menerimanya secara tenang dan damai.


“Shanti” yang kedua berkaitan dengan kedamaian bhatin (mind). Artinya, engkau harus menjaga bhatin atau pikiran/perasaanmu untuk tidak teragitasi (terpengaruh) terhadap adanya ucapan-ucapan yang tidak benar dari orang lain terhadap dirimu.


Dan “Shanti” yang ketiga berkaitan dengan kedamaian jiwa. Kedamaian ini hanya bisa dihasilkan melalui cinta-kasih. Dunia ini harus dikembalikan ke jalannya yang benar dan hal itu hanya bisa tercapai melalui jalan cinta kasih dan kedamaian. Isilah pikiranmu, tindakanmu dan emosimu dengan cinta-kasih, kebenaran dan kedamaian. Mungkin ada orang-orang yang membenci kita, tapi kita sebaiknya (membalas dengan) mencintai mereka. 

- Divine Discourse, December 9, 1985.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar