Kamis, 15 Desember 2016

HORMAT KEPADA ORANG TUA





Saya bersyukur dikaruniai kesempatan - tiba-tiba didaulat oleh keluarga Sai Bali di Jakarta, terutama adik-adik Youth untuk melakukan pelayanan untuk berdharmawacana di tanggal 22 Nopember 2016, dimana saat itu adik-adik Youth mempersembahkan drama Pandurangga Vittala, kisah transformasi Pundalika dari yang tak acuh kepada orang tuanya menjadi penuh kesadaran untuk mempersembahkan cinta kasih dan bhakti kepada orang tuanya.

Lucunya sampai besoknya saya tampil, saya belum mendapatkan hal apa yang saya sampaikan. Syukurnya di saat yang genting dan mepet, saya kemudian memejamkan mata, memohon tuntunan, lalu kemudian mencari Mahavakya Bhagavan yang terkait dengan drama tersebut. Maka muncullah wacana berikut ini, yang tentunya kutipan blass poll dari Sad Guru. Jujur, sebatas teori memang, karena saya masih berlatih, jatuh bangun dalam nilai-nilai welas asih dan pelayananan kepada keluarga. Dan para sahabat serta keluarga adalah teman seperjalanan dalam menumbuhkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan ini.

Wacananya sebagai berikut :

Sujud hamba kehadapan Bhagavan yang merupakan ayah ibu jagad raya, yang juga berstana di dalam diri setiap makhluk.

Om Sri Sai Raam....
Bapak Ibu, keluarga Sai terkasih, sebelum nanti kita menyaksikan drama yang indah -Pandurangga- yang sarat makna bhakti kepada orang tua. Kami mohon ijin di waktu 5 menit ini mengajak para bhakta terkasih untuk bersama-sama merenungi kembali dengan penuh bhakti Mahavakya Bhagavan tentang bhakti kepada orang tua.

Bapak Ibu, Saudara saudari Sai terkasih,

Seperti yang kita ketahui tubuh kita disusun oleh 20 lapisan tubuh/kosa, namun apabila kita renungi lebih dalam, di setiap lapisan tubuh dan bhatin kita terdapat kasih orang tua, senyum orang tua, doanya, harapan, kecemasan, keletihan, air mata, darah dan air susunya.

Darah, air mata, air susu, aliran doa, senyumannya yang hangat mengalir deras di dalam diri kita, menumbuhkan tubuh kita.

Untuk itu, mari kita bersama merenungi kutipan mahavakya indah dan singkat dari Bhagavan berikut ini, yg kami kutip dari berbagai wacana Beliau.

Bhagavan bersabda :
“Berbicaralah dengan lembut dan menyenangkan, berbicara dengan menggunakan kata-kata kasar, bahkan kepada ibumu akan menghancurkan dirimu sendiri. Perlakukan ibu, ayah sebagai Tuhan. Engkau harus menghormati orang tuamu walaupun engkau telah menikah, karena mereka melahirkan dan membesarkanmu. Ibu harus diberikan tempat pertama, engkau harus berbicara kepadanya dengan lembut, manis dan penuh hormat”.

“Kitab suci meminta kalian untuk menghormati dan memuja orang tua kalian. “Mathru Devo Bhavo, Pithru Devo Bhavo”, itulah ajaran yang ada di dalam kitab suci. Ya, bagaimana lagi cara kalian dapat untuk mengucapkan terimakasih kepada mereka? Apa lagi yang dapat kalian beri sebagai gantinya selain kasih dan pelayananmu? Renungi dan pikirkan tentang semua kepedulian, semua kasih sayang, semua penderitaan, semua rasa lapar, dan kecemasan yang orang tua kalian hadapi demi untuk kepentingan kalian. Jadilah baik, lembut dan manis kepada mereka. Jangan kasar dan tanpa hormat kepada mereka.Cobalah persembahkan kemampuan terbaikmu untuk membuat mereka berbahagia, patuhilah mereka, karena mereka lebih mengetahui dirimu tentang dunia dan bahayanya. Itulah cara memuja mereka” – Sri Sathya Sai Baba, 1969

“Selalulah merawat orang tuamu dan jangan pernah berteriak kepada mereka, hal ini akan membuat Svami menjadi sangat senang. Semua pemuda Sai seharusnya mencoba untuk berbicara lembut dan ramah kepada kedua orang tua kalian, tidak masalah apa yang terjadi di masa lalu. Berbicaralah kepada mereka dengan nada kasih, dan lembut”.

“Ketika orang tua telah memberikan segala jenis perlindungan dan mengorbankan kesenangan mereka merawatmu, dan jika kalian malah sebaliknya memperlihatkan  kelakuan tidak hormat kepada mereka, maka Bhagavan juga tidak senang denganmu. Orang tua memenuhi keinginan dan kebutuhan materi kalian, dan jika kalian tidak dapat menghormati mereka, lantas bagaimana mungkin kalian bisa menghormati dan menyayangi Bhagavan? Bagaimana caranya engkau menyenangkan Bhagavan jika engkau tidak bisa menyenangkan kedua orang tuamu?” – Sri Sathya Sai Baba, 1977

“Hormati dan pujalah kedua orang tuamu, maka Bhagavan sendiri akan mewujudkan diri dihadapanmu, dan memberkati kalian dengan berkat dan karuniaNya”. – Sri Sathya Sai Baba, 1977

Bapak Ibu, Saudara saudari Sai terkasih, demikian tadi berbagai mahavakya Bhagavan tentang kewajiban kita untuk berbhakti kepada orang tua, selanjutnya mari kita saksikan bersama persembahan drama hari ini dengan penuh khidmat sehingga drama nanti tidak hanya menjadi hiburan bagi indrya kita, tetapi menjadi air yang sejuk yang menyiram tunas welas asih, kebahagiaan dan kedamaian yang ada di dalam diri kita.

Terakhir, kami berdoa semoga kami-kita semua para anak-anak Sai dikaruniai kekuatan untuk membahagiakan orang tua kita, dikaruniai kemampuan untuk hadir utuh melayani, mendengar orang tua kita dengan penuh welas asih dan dikarunai segala kebijaksanaan sehingga kita bisa melihat Sai di dalam diri orang tua kita.

Semoga semua orang tua kita berbahagia.

Jay Sairaam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar